Berita Edukasi, 02 Desember 2013

1  ) UB Borong Juara di KJI & KBGI 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/02/373/906072/ub-borong-juara-di-kji-kbgi-2013

Senin, 02 Desember 2013 19:05 wib
JAKARTA – Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2013 telah usai. Bertindak sebagai tuan rumah, Universitas Brawijaya (UB) Malang justru sukses menyabet gelar juara umum dan menerima piala Reka Cipta Titian Nusantara dan Reka Cipta Griya Indonesia. KJI terbagi dalam tiga kategori, yakni jembatan busur, jembatan kayu, dan jembatan baja. Pada kategori jembatan busur, peringkat pertama dihuni oleh Tim Sayaka Dewi dari Politeknik Negeri Bandung. Tidak masuk dalam tiga besar, Tim Arundaya UB justru mendapat penghargaan jembatan busur terindah.Hasil serupa juga diperoleh Tim Edelweiss UB dalam kategori jembatan kayu. Selain menerima penghargaan sebagai jembatan kayu terindah, Tim Edelweiss juga membawa pulang kategori kesehatan dan keselamatan kerja (K3) terlengkap, serta kategori terealistis.

…dst

2  ) DKI Jakarta Sabet Juara Umum POMNAS Tahun 2013
http://www.dikti.go.id/?p=12391&lang=id

02 December 2013
Yogyakarta, 30 November 2013-“Saya ucapkan selamat kepada DKI Jakarta yang sudah berhasil menjadi juara umum pada POMNAS tahun ini. Kepada daerah-daerah lain saya tetap memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berpartisipasi mensukseskan acara ini,” ujar Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo Notodiprojo pada penutupan Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNAS) di lapangan sepakbola Universitas negeri Yogyakarta (UNY). Dengan mengumpulkan 46 emas, 30 perak dan 20 perunggu, mahasiswa asal Jakarta memimpin perolehan medali dari Jawa Timur (22, 21 dan 26) dan mahasiswa Jawa Tengah (21, 11 dan 38). Dalam sambutannya, Roy juga mengajak seluruh kampus yang memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) untuk mulai mempersiapkan mahasiswa atau atlet-atlet muda berpotensi. Roy menekankan bahwa dari  kampuslah kebangkitan olahraga di Indonesia dimulai.

…dst

3 ) ENERGI Terbarukan
31 Perguruan Tinggi Ikut Kompetisi Kincir Angin
http://print.kompas.com

Senin, 2 Desember 2013
BANTUL, KOMPAS — Sebanyak 31 tim dari 31 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 di Pantai Baru, Bantul, Yogyakarta, Minggu hingga Rabu (1-4/12). Kompetisi ini diikuti mahasiswa D-3, S-1, dan S-2. ”Kegiatan ini untuk mendorong generasi muda menguasai ilmu di bidang energi terbarukan, terutama kincir angin. Jika tidak dimulai, Indonesia bisa makin tertinggal dibandingkan negara lain,” ungkap Ketua Panitia Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) 2013 Senawi yang juga Direktur Kemahasiswaan UGM. Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Suratman Worosuprojo mengatakan, pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia masih minim. Padahal, Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah, termasuk angin.
”Indonesia tidak mungkin terus bergantung pada energi fosil yang suatu saat akan habis. Riset energi terbarukan harus digalakkan,” ujar Suratman.Berdasarkan catatan Kompas, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menghentikan riset energi angin sejak 2011 karena keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia. Keputusan tersebut disesalkan sejumlah kalangan sebab riset angin diperlukan untuk meneliti potensi angin yang belum terpetakan. Survei energi angin yang dilakukan di 166 lokasi di Indonesia menunjukkan, sebanyak 40 lokasi berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik berkapasitas hingga 100 megawatt. (DRI)

***

4 ) Manfaatkan Kincir Angin untuk Olah Pertanian
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/02/373/906056/manfaatkan-kincir-angin-untuk-olah-pertanian

Senin, 02 Desember 2013 17:51 wib
JAKARTA – Kawula muda kembali menunjukkan kreativitas mereka dalam menghasilkan sumber energi alternatif. Sebanyak 31 karya tersebut dipamerkan pada Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) 2013 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Selama empat hari, kincir-kincir itu diuji kemampuannya dalam menghasilkan listrik. Desain yang ditampilkan oleh para peserta melalui kincir angin tersebut cukup beragam. Seperti yang dilakukan oleh tim Politeknik Manufaktur Astra Jakarta. Sang dosen pembimbing tim, yakni Harki Apri Yanto mengaku sengaja menampilkan kincir yang mirip radar deteksi cuaca.”Model turbin kincir angin yang didesain tersebut dinamakan multiblade vertikal. Desain turbin angin ini sudah pernah dikembangkan peneliti Taiwan. Atas izin peneliti Taiwan tersebut, kami coba mengembangkannya di sini,” tutur Harki, seperti disitat dari laman UGM, Senin (2/12/2013).

…dst

5 ) 150 Mahasiswa Bersaing di Kompetisi Ekonomi Syariah
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/02/373/906080/150-mahasiswa-bersaing-di-kompetisi-ekonomi-syariah

Senin, 02 Desember 2013 18:32 wib
DEPOK – Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) menggelar KIEISecond (Kuliah Informal Ekonomi Islam dan Syariah Economics Competition) 13 dengan tema “Achieving The World’s Major Economic Power through Islamic Economics”. Kegiatan tersebut digelar selama hampir satu bulan dari 9 November-5 Desember 2013.Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 mahasiswa se Indonesia. Di antaranya, UI, Unair, UNS, UGM, Unpad, UIN Kalijaga, IAIN Sumut, STEI Jakarta, UIN Syarief Hidayatullah, STAIN Tulungafung, Undip, Universitas Muhamadiyah Sumut, dan lainnya.Project Officer yang juga mahasiswa jurusan akuntansi FEUI angkatan 2012, Himawan Arie mengatakan acara tersebut diisi dengan perkuliahan intensif dari berbagai para praktisi dan dosen yang ahli di bidang syariah. Selain itu ada pula kompetisi membuat esai seputar ekonomi syariah.

…dst

6 ) 90% Mahasiswa UMN Bekerja sebelum Diwisuda
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/02/3/198427/90-Mahasiswa-UMN-Bekerja-sebelum-Diwisuda

Senin, 02 Desember 2013 | 12:16 WIB
Metrotvnews.com, Tangerang: Berdasarkan data dari Divisi Pengembangan Karir UMN, hampir 90% lulusan yang akan menjalani proses wisuda di hari ini sudah bekerja, baik sebagai profesional di sejumlah perusahaan maupun sebagai wirausahawan.UMN merancang kurikulum pendidikan dengan menggabungkan keterampilan baik akademis maupun non akademis dengan nilai-nilai humanisme yang mampu mencetak generasi muda yang kompeten, peduli terhadap sesama, kredibel, serta berdaya saing, sehingga mampu berkarya untuk menjadi pribadi yang unggul demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Sejumlah perusahaan besar seperti Metro TV, Kompas TV, Harian Kompas, CIMB Niaga, Garuda Indonesia, dan Nutrifood telah memberikan kepercayaan kepada lulusan UMN untuk menjadi tenaga profesional sesuai bidang keahlian masing-masing.

…dst

7 ) UNS Bangun Perpustakaan Rp100 Miliar!
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/02/373/905747/uns-bangun-perpustakaan-rp100-miliar

Senin, 02 Desember 2013 11:39 wib
SOLO – Perpustakaan pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang kini terdiri dari dua lantai, pada 2014 bakal dibangun menjadi setinggi delapan lantai.”Sesuai yang kami ajukan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014, besarnya anggaran pembangunan perpustakaan pusat itu mencapai Rp100 miliar,” jelas Pembantu Rektor (PR) II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UNS, Prof Dr. Jamal Wiwoho, SH saat bertemu wartawan, di Rektorat UNS Solo, Jawa Tengah, Senin (2/12/2013).Menurut Pembantu Rektor II UNS, pembangunan perpustakaan termasuk salah satu dari lima prioritas pembangunan kampus UNS pada 2014. Prioritas pembangunan kampus UNS lainnya, antara lain pembangunan gedung Fakultas Pertanian (FP) setinggi empat lantai senilai Rp24 miliar. Pembangunan gedung Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) dengan tinggi empat lantai dan Rp24 miliar.

…ds

8 ) Mahasiswa ITS Hasilkan Air Bersih dari Air Laut
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/02/372/905938/mahasiswa-its-hasilkan-air-bersih-dari-air-laut

Senin, 02 Desember 2013 15:42 wib
JAKARTA – Kekurangan air bersih menjadi persoalan utama yang melanda masyarakat pesisir. Menjawab tantangan tersebut, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menghadirkan teknologi untuk mengubah air laut menjadi air siap pakai atau air bersih. Inovasi tersebut diberi nama Destilation Water Treatment Concept (D-WERC). Teknologi ini dibuat guna membantu masyarakat Kalmpis Barat, Bangkalan, Madura yang mengalami masalah kekurangan air bersih. Karya mahasiswa kampus perjuangan tersebut berawal dari kegiatan bedah pesisir yang dilakukan oleh UKM Maritime Challenge di Klampis Barat, Bangkalan Madura.”Bahkan ada warga yang menggunakan air laut untuk konsumsi air minum,” ujar Ketua UKM Maritime Challenge periode 2012-2013 Muhammad Athoillah, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (2/12/2013).

…dst

9 ) Wow, Sandal Sehat Mahasiswa IPB dari Biji Pohon
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/29/372/905006/wow-sandal-sehat-mahasiswa-ipb-dari-biji-pohon

Senin, 02 Desember 2013 08:15 wib
JAKARTA – Secara umum, biji yang terdapat dari buah-buahan biasanya dibuang ketika daging buah tersebut sudah habis. Ada juga yang direbus untuk dimakan. Tapi, bagaimana jika biji dari pohon tersebut dibuat menjadi sandal kesehatan? Jika kamu jarang berolahraga karena kesibukan seperti bekerja, kuliah atau memang benar-benar malas bergerak untuk berolahraga, kamu harus mencoba “Sansekert” alias Sandal Kesehatan Keren dan Praktis ala mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terbuat dari biji saga pohon. Sandal kesehatan tersebut dari beragam disiplin ilmu ini merupakan sandal refleksi yang didisain secara unik, karena tonjolan titik-titik refleksinya yang memanfaatkan biji buah saga. Uniknya lagi, alas sandal ini pun dapat dibongkar pasang dan didisain menyerupai bentuk perahu.

…dst

– See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/12/02/berita-edukasi-02-desember-2013.html#sthash.why6z5fr.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *